Sabtu, 03 November 2012

ISP DAN DOMAIN



ISP

A. Pengertian ISP
    Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
 
B.  Fungsi ISP
  1. Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
  2. Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  3. Menyediakan modem untuk dial-up.
  4. Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
  5. Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  6. Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
  7. Memberi tempat untuk homepage.
  8. ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
C. Jenis-jenis Layanan Internet Yang Diberikan Oleh Internet Service Provider (ISP)
  1. Dial Up
Jenis layanan ini mengharuskan pengguna melakukan dengan perintah Dial Up untuk mengaktifkan akses internet.
  1. Dedicated Connection
Jenis layanan ini diidentikkan dengan sambungan internet yang terhubung secara terus menerus atau yang dikenal dengan istilah Unlimmited Access. .
  1. Mobile Access
Mobile Access adalah layanan internet yang diakses melalui ponsel atau perangkat yang sejenisnya. Layanan ini ditujukan untuk pengguna internet yang mempunyai mobilitas tinggi.
  1. Wireless
Wireless merupakan layanan internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel.
5.  Electronic Mail/E-mail/Messaging
Electronic mail (e-mail) merupakan salah satu layanan yang tersedia di internet. Dengan E-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.
6. World Wide Web (www)
WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
7.  File Transfer Protocol
File transfer protocol adalah salah satu aplikasi di Internet untuk mengambil (download) dan meletakkan (upload) suatu file di FTP server antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dengan jaringan Internet.
8.News Group
Sering disebut dengan mailing list. Mailing list atau milis merupakan satu dari sekian banyak layanan di internet. Sebagai forumdiskusi antar anggota, berinteraksi dan berbagi ide secara online. Seperti halnya kelompokatau komunitas yang mempunyai kesamaan minat, hoby, visi, dll.
9. Telnet
Telnet dapat menghubungkan komputer yang terletak jauh dari komputer kita. Jadi yang dilihat dari monitor komputer adalah isi dari komputer yang dihubungkakn tersebut. Ini sering disebut juga “Remote Login”.
10. Ghoper
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia.
11. Chat
IRC (Internet Relay Chat)
Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard.
12. Ping
Ping (singkatan dari Packet Internet Groper) adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).



DOMAIN

A. Pengertian Domain
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Nama Domain berfungsi mempermudah pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP address. Nama domain juga di kenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web.

B. Akhiran Domain Berdasarkan Negara dan Institusi / Negara

Akhiran Tiga-Huruf

Kata terakhir dalam domain, atau extension, menunjukkan golongan dari organisasi. Dalam teori arti akhiran tiga huruf adalah sebagai berikut:
Akhiran
Arti
Contoh
.com
Badan usaha komersial, perusahaan AS
ibm.com, att.com, ford.com
.net
Penyedia jaringan, ISP AS
webtv.net
.gov
Agen pemerintah AS
whitehouse.gov, nasa.gov
.edu
Institusi pendidikan AS
uiuc.edu, stanford.edu
.org
Institusi nonprofit AS
redcross.org, sfopera.org
.mil
Militer AS
army.mil
.int
Internasional
itu.int

Akhiran Dua-Huruf

Akhiran dua huruf berarti kode negara. Beberapa contoh:
Akhiran
Negara
Contoh
us
Amerika Serikat
city.palo-alto.ca.us, washington.k12.ia.us
uk
Inggris
cam.ac.uk, tvr.co.uk
my
Malaysia
parlimen.gov.my, jaring.my
de
Jerman
sgi.de
jp
Jepang
www.hitachi.co.jp, www.nihon-u.ac.jp
to
Tonga
netsurf.to 
tv
Tuvalu
internet.tv
id
Indonesia
indosat.net.id, telkom.co.id
Penjelasan untuk ini masih panjang  Klik disini untuk melihat selengkapnya ^.^ .
Dari referensi lain saya menemukan penjelasan yang masih dasar dan sederhana, pas untuk orang awam seperti saya :D

Berikut sebagai bahan dasar pemahaman santai untuk pemula tentang nama-nama domain dan ekstensinya (domain extensions) . .
Ekstensi nama domain untuk Global Top Level Domain :
.com :  untuk perusahaan
.net    :  untuk Internet Service Provider (ISP)
.org    :  untuk organisasi
.info  :  untuk informasi
.biz     :  untuk bisnis
Ekstensi nama domain untuk negara Indonesia :
.co.id      :  untuk perusahaan
.net.id   :  untuk Internet Service Provider (ISP)
.ac.id      :  untuk akademik / universitas
.go.id      :  untuk pemerintahan
.or.id      :  untuk organisasi
.web.id  :  untuk individu / personal / pribadi
Nama-nama domain juga bisa sebagai identifikasi negara, misal , .us (do us) domain USA , .de – domain Jerman , .ca – domain Canada, .jp – domain Jepang, .id – domain Indonesia, …dan seterusnya..

C. Aturan Penulisan URL / Nama Domain
Nama domain adalah bagian di belakang tanda a keong (@) suatu alamat email, misalnya bdg.centrin.net.id atau itb.ac.id. Nama domain terdiri dari beberapa kata yang dipisahkan dengan titik untuk menandai urutan tingkatan organisasi yang meningkat dari kiri ke kanan. Domain bkkbn.go.id, misalnya, adalah untuk Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, bagian dari pemerintah Indonesia.
Secara sederhana bisa dikatakan bahwa kata terkiri pada nama domain adalah nama komputer yang mengurus email. Organisasi kecil barangkali hanya memiliki satu komputer untuk mengerjakan segala pekerjaan; organisasi yang lebih besar dapat memiliki banyak komputer. Contohnya, email untuk Indosat semua masuk melalui mail.indosat.net.id.
Jika Anda mendapat email dari seseorang, tapi tidak ada tanda @ di alamat emailnya,maka kemungkinan nama domainnya persis sama dengan Anda. Misalnya, jika anton@nama-asal.co.id mengirim email ke deni@nama-asal.co.id, Deni mungkin melihat hanya anton di field return address.
Kalau misalnya ada kata yang hilang, mungkin terdapat kesamaan nama domain. Misal, jika anton@satu.nama-asal.co.id mengirim email ke deni@dua.nama-asal.co.id, Deni mungkin melihat hanya anton@satu di field return address.

ATURAN PENULISAN URL :

·         Bagian pertaman URL menunjukkan protokol misalnya http:// atau https:// Protokol adalah persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol. 
·         Bagian kedua URL menunjukkan alamat server dimana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.microsoft.com untuk website Microsoft corporation 
·         Bagian ketiga URL adalah path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dokument atau program dalam server tersebut, misal : kb/deskapp/word/q1974.html. di manakb/deskapp/word/ adalah lokasi file dan q1974.html adalah nama berkas.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar