Senin, 28 April 2014

Tips memilih jurusan masuk SMA, IPA atau IPS?

Hai guys..
Ketika kamu mau masuk SMA kamu harus menentukan akan jadi anak IPA atau IPS. Sebagian dari kamu memilih jurusan mungkin hanya melihat faktor-faktor tertentu tapi tidak secara universal. Maksudnya apa itu? Misal kamu milih IPA cuma karena denger-denger IPA itu kerenlah, bisa seenaknya milih jurusan waktu kuliahlah, disuruh ortulah, dll. Atau kamu milih IPS cuma karena kamu denegr-denger anak-anak IPS tuh asyik, rasa sosialnya tinggi, kakak dulu IPS, dll. Sebenernya kalau faktor yang buat pertimbangan kamu cuma itu-itu saja belum cukup, jangan sampai kamu menyesal waktu akan memilih jurusan di jenjang perkuliahan.
Nyatanya jadi anak IPA juga gak bisa seenaknya lintas jurusan, bisa saja jurusan yang kamu mau ga bisa kamu pilih. Terlebih anak IPA akan sulit juga untuk tes SBMPTN ambil jurusan IPS apalagi IPC bisa mabok dia. Anak IPS aja belajar udah 2 tahun kamu mau belajar buat SBMPTN cuma beberapa bulan, bisa jadi cukup sih tapi sebagian besar kualahan. OH iya misal anak IPA mau ambil IPS itu bisa IPS bisa IPC beda lho ya, soalnya ada yang beranggapan kalau anak IPA ambil IPS itu namanya IPC dan pendapat itu salah besar.

Oke langsung saja guys ini tips dari aku bagi kamu yang bingung milih jurusan :
1. Pikirin dulu deh apa cita-cita lo, kira-kira dimatangin dulu misal kamu pengen jadi guru SD mending kamu masuk IPS dan ga pake gengsi ya.
2. Kamu googling deh jurusan apa aja yang masuk IPA dan jurusan apa aja yang masuk IPS, jangan samapai ada penyesalan, misal ada yang ngomong "kok prodi IPS lebih banyak ya dari IPA? kok kayaknya enak jadi anak IPS" itu sih gapapa asalkan kamu bukan anak IPA salah sendiri kenapa dulu pilih IPA ya nggak?
3. Rundingin sama ortu kamu secara halus dan ga pake ngotot, biasanya berunding itu perlu waktu guys bisa jadi berhari-hari. Kamu pertamanya tanya lebih baik pilih IPA atau IPS, terus kamu kasih pertimbangan buat ortu kamu, kalau kamu itu kemampuannya lebih seperti ini, dan kamu punya cita2 jadi apa dan prodinya itu masuk ke IPA/IPS. Soalnya ada pengalaman dulu ortu nyuruh anaknya buat pilih IPA, eeh waktu lulus malah suruh pilih prodi IPS. Emang ada kesempatan tapi itu mempersulit kamu buat belajar IPS dari nol dan buat beradaptasi dalam lingkungan perkuliahan.
4. Kamu pikir lagi gimana bakat kamu? lebih cocok jadi anak IPA/IPS. Jangan cuma dilihat bab tertentu aja ya. Misal pengen IPA ya kamu lihat deh pelajaran IPA semua BAB yang kamu pelajari di IPS dan begitu sebaliknya. Karena bisa jadi kamu suka IPA pada bab tertentu saja.
5. Kamu pikirin minat kamu. Kamu sukanya pelajaran apa? Misal bahasa, Pkn, Seni budaya, mending kamu ke IPS soalnya nanti jurusan yang berhubungan dengan itu diperkuliahan anak IPS yang bisa milih. IPA juga bisa sih tapi ya kaya tadi aku bilang kamu belajar dari nol. Tapi kalau kamu suka matematika, mesin, komputer, dll yang berhubungan dengan teknik atau Pembudidayaan maupun pertanian mending pilih IPA.

Oke guys jadi intinya kalau kamu mau pilih IPA atau IPS itu ga boleh asal milih tapi juga harus pikirkan masa depan kamu, mau jadi apa? prospek kerja gimana? Sanggup nggak?
Cukup sekian kalau ada pertanyaan silahkan tanya saja, selama saya bisa bantu saya akan bantu *kalau ga males ya :D*

2 komentar:

  1. Kak,aku sekarang milih jurusan IPA,tapi waktu aku coba belajar kok kayanya sulit sekali ya.. padal aku di recomend nin ke IPA.. Kalau jurusan IPS tuh belajar tentang apa aja sih? tolong di rinci ya kak,soalnya kesempatan pindah jurusan tipis banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Achaan, maaf baru sempet bales semoga tidak telat maklum hari2 pertama kuliah dan ospek jurusan jg.
      IPS umumnya mempelajari Ekonomi, Akuntansi, Sosiologi, geografi, dll. Untuk detailnya saya tidak begitu tahu karena saya anak IPA. Kalau dilihat dari mapel sejarah dan matematika IPS dan IPA sendiri berbeda, sejarah IPS lebih detail tapi IPS tidak membahas detail trigonometri dalam kalkulus (matematika).
      Kalau kamu ga bisa pindah dan merasa kesulitan belajar di IPA kamu bisa mencari video tutor di youtube dan mendownloadnya atau belajar dari zenius, di internet banyak kok tutor online.
      Kalau masih bisa pindah ya kamu pikir secara matang karena saya tidak bisa menentukan masa depanmu :)
      Tapi ada temenku dia pinter banget selalu peringkat 1 di kelas dan selalu peringkat 10 besar paralel sekolah, dia tetap kekeuh masuk IPS karena dia sudah punya gambaran cita2nya bahkan saat guru2 menyarankannya di IPA. Waktu itu guru2 memintanya untuk mencoba seminggu saja di kelasku tapi dia tidak mau takut terlanjur betah. Namun ia dapat membuktikan prestasinya dengan selalu mendapat paralel 1 diantara anak2 IPS.
      Itu sekedar gambaran saja :)

      Hapus